Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) di Lingkungan ASN Pemerintah Kota Palembang
Rabu, 18-10-2023 - 13:23:48 WIB
TERKAIT:
   
 

PALEMBANG - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang menggelar sebuah Forum Group Discussion (FGD) dengan tema "Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) di Lingkungan ASN Pemerintah Kota Palembang." 


Acara yang diadakan di Hotel Beston Palembang pada Rabu, 10 Oktober 2023, bertujuan untuk menggali potensi dan strategi dalam menghimpun zakat, infaq, dan sedekah dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota.


FGD ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan BAZNAS Kota Palembang, Perwakilan BAZNAS Provinsi Riau, BPKAD, Bidang Hukum, para ASN, penggiat zakat, serta akademisi yang berkompeten dalam pengelolaan dana sosial.


Ketua Baznas Kota Palembang, Kgs. M. Ridwan Nawawi, S.Pdi., MM mengatakan FGD merupakan focus group diskusi dan bukan sosialisasi yang membicarakan suatu sistem bagaimana pemotongan zakat melalui 1 pintu yang selama ini belum melalui 1 pintu sehingga tidak maksimal. 


Diharapkan melalui kegiatan ini bagaimana caranya pemotongan zakat melalui bendahara pusat BPKAD serta melibatkan bidang hukum. 


Disini juga turut diundang perwakilan Baznas Provinsi Riau yang sudah terlebih dahulu melakukan sistem tersebut dan terbukti maksimal 


"Sebagai Muslim kita diwajibkan membayar zakat apabila penghasilan telah mencaoai nishab, maka dari itu Non PNS belum dilakukan pemotongan sehingga dianjurkan berinfaq, "ujarnya. 


Dari 5000 non PNS baru terkumpul sekitar 1500 orang, maka dari itu terus dilakukan sosialisasi ke Dinas masing-masing. 


Saat ini sedang dibahas sistem tersebut antara BPKAD, bidang hukum dan dari Baznas yang terlebih dahulu sudah dilakukan dan terbukti berhasil oleh Baznas Provinsi Riau sehingga Baznas Provinsi Sumatera Selatan perlu juga menerapkan sistem tersebut. 


"Baznas berfungsi untuk membersihkan harta yang seyogyanya harta tersebut dibersihkan dahulu baru kemudian dipakai supaya ada keberkahan, "ungkapnya


Maka dari itu Baznas mengedukasi kepada pejabat ASN bagaimana penghasilan tersebut dipotong dahulu baru dipakai, terkait diluar kebutuhan masing-masing. 


Dari target 11.000 ASN baru tercapai 25% termasuk dari Dinas Pendidikan yang masih perlu dilakukan sosialisasi


Selama ini di Provinsi Sumatera Selatan belum diterapkan berbeda dengan Baznas Provinsi Riau yang sudah melakukan payroll di setiap kabupaten kota sehingga berhasil dan maksimal. 


Maka dari itu dalam FGD di undang perwakilan Baznas Provinsi Riau, Bidang Hukum dan BPKAD untuk menilai apakah mungkin sistem payroll zakat 1 pintu diterapkan di Sumsel yang kemudian hasil dari FGD akan dilaporkan ke walikota untuk diambil keputusan system payroll 1 pintu tersebut 


Kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang, Drs. H. M. Yanurpan Yany, MM turut hadir dalam kegiatan dari program Baznas Kota Palembang dalam rangka bagaimana meningkatkan pengumpulan zakat dan infaq terutama dari ASN dan non PNSD sesuai dengan peraturan saat ini dikarenakan belum optimal, maka akan diadakan pembinaan seluruh PNSD dan pencerahan dengan mengundang perwakilan Baznas dari Provinsi Riau yang sudah sukses dalam pengumpulan zakat. 


"Intinya bagaimana kita kumpulkan sebanyak-banyaknya dan akan disalurkan sesuai dengan UU yang berlaku, "ujar Drs. Yanurpan. 


Terhitung ASN di pemkot Kota palembang ada 10.500 lebih dan Non PNSD sekitar 5000 orang, terlihat potensi yang cukup besar walaupun saat ini tercatat sudah hampir 10.000 orang, namun akan lebih dipacu lagi sehingga tercapai taget 100%. 


Drs. Yanurpan juga menyebut bahwa zakat yang memang kewajiban setiap muslim, maka segala cara dilakukan untuk pengumpulan zakat, akan tetapi harus dirubah dulu mindsetnya sehingga kalau mindset sudah berubah dan tahu manfaatnya maka tidak perlu dijemput lagi. 


Diharapkan penerimaan zakat dapat maksimal dan Baznas akan profesional menyalurkannya karena pertanggungjawabannya, setiap ada program bedah rumah, perbaikan rumah maka akan dipublikasikan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban 


"Alhamdulillah pihak pihak swasta juga sudah mulai menyalurkan zakatnya juga ke Baznas, "ungkapnya. 


Sementara itu, Dr. Yahanan, M, Sy, selaku wakil ketua (Waka) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau mengatakan beberapa waktu yang lalu baznas Provinsi Riau dihubungi pimpinan Baznas kota palembang untuk menjadi narasumber FGD optimalisasi pengumpulan zakat infaq shadaqah juga dana sosial keagamaan lainnya di Baznas kota Palembang, mengingat di provinsi Riau sendiri sudah menjalankan payroll sistem yang sangat membantu untuk optimalisasi pengumpulan zakat yang sudah tersistem. 


Baznas yang merupakan lembaga pemerintahan non struktural yang bertugas mengelola dana zakat infaq shadaqah juga dana sosial keagamaan lain yang di kota palembang sendiri punya potensi yang luar biasa sebesar 18 milyar per tahun dari ASN. 


Potensi yang ada akan dapat tercapai apabila melalui payroll dibandingkan dengan cara manual. Optimalisasi yang diharapkan yakni seluruh ASN muslim akan dikenakan kewajiban zakat 2,5% dengan menggunakan payroll sistem 


"Semakin banyak dana zakat yang terkumpul, maka semakin banyak pula masyarakat yang akan terbantu melalui 5 program Baznas yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan kemanusiaan, "ungkapnya. 


Diharapkan kedepannya di kota palembang dan Sumsel dana zakat menjadi solusi perbaikan ekonomi, pendidikan, kesehatan bagi masyarakat yang memang wajib dibantu.(Manda)




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • Teguh Serahkan Dua Buku Peraih Rekor MURI untuk PWI
  • Antisipasi C3 Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Patroli
  • Jalan Lintas Desa Makmur Rusak, Ketua PWMOI Minta Pemkab Pelalawan Jangan Abaikan Keluhan Warga
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 Teguh Serahkan Dua Buku Peraih Rekor MURI untuk PWI
    04 Antisipasi C3 Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Patroli
    05 Jalan Lintas Desa Makmur Rusak, Ketua PWMOI Minta Pemkab Pelalawan Jangan Abaikan Keluhan Warga
    06 Pelabuhan Penyeberangan Roro di Pulau Burung Segera Dibangun Pemkab Inhil
    07 Jadi Pilot Project ILP, Kemenkes Tinjau Puskesmas Bontobangun
    08 Camat Singingi Hilir Tinjau Parit Gajah, Diduga Perkebunan PT. Air Kampar Grup Tidak Memiliki Izin Prinsip
    09 Peduli Bencana Sumbar, Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Galang Dana
    10 Ratusan Atlit Muda Bulukumba Ikut Talent Scouting Season 2024 Akademi PSM Makassar
    11 Jalan Lintas Kecamatan Idra Makmur Julok Telan Korban
    12 Hadiri Pelantikan PPK, Bupati Andi Utta: Bekerja Profesional, Jaga Integritas
    13 Ketua DPW Sosial dan Lingkungan Hidup Beri Peringatan Tegas terhadap PT. Air Kampar Grub terkait Penggalian Parit
    14 Empat Rumah Warga Desa Seuneubok Rambong Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang
    15 Bupati Rezita Meylani Yopi SE, Menghadiri Pisah Sambut Kodim 0302 INHU di Gedung Dang Purnama
    16 Cegah Terjadinya Laka Lantas dan C3, Personil Unit Lantas Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Patroli
    17 Tingkatkan Kapasitas Aparatur Kampung, Bupati Alfedri Bawa Sekdes Belajar di Kota Tahu.
    18 Bupati Andi Utta Motivasi Peserta Pelatihan Kompetensi: Jangan Santai, Lanjutkan!
    19 Warga Seberang Kota Jambi Gelar Demo Stop Tongkang Batubara
    20 Chandra Yoga Sebut Rekonstruksi Pembunuhan Karyawan PT. Agritasari Prima Membuat Terangnya Perkara
    21 Anita Noeringhati Siap Deklarasi Jadi Cawagub Sumsel Dampingi Mawardi Yahya, Tunggu Rekomendasi
    22 Mayat Diduga Korban Banjir Diserahkan Polsek Kuantan Tengah ke Pihak Puskesmas Kecamatan Kamang, Kabupaten Sijunjung
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya