Plt Gubri Membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke-41 Tingkat Provinsi Riau di Inhu
Minggu, 12-11-2023 - 11:01:39 WIB
Foto : Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE
TERKAIT:
   
 

INDRAGIRI - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-41 Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berlangsung meriah, masyarakat berbondong-bondong memadati Astaqa Utama di kawasan wisata Danau Raja Rengat, Sabtu malam (11/11/2023).


Dibuka oleh Plt. Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution S.IP, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Daerah 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Para pejabat Provinsi Riau dan pejabat 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Ketua DPRD Riau dan Ketua DPRD 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau dan Kepala Kemenag 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, serta tamu undangan lainnya.


Screenshot-20231112-110330-2


Diawali tari persembahan dari Sanggar Narasinga II, acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan atraksi, diantaranya penampilan Marching Band dari Satpol PP Kab. Inhu, Defile 12 Kab/Kota, menyanyikan Mars MTQ oleh 150 orang dari Paduan Suara Sanggar An-Najah yayasan Pendidikan Agama Islam Rengat (YPAIR) MTs - MA dan STAI Madinatun Najah Rengat, terakhir penampilan tari Massala dari sanggar tari Dewan Kesenian Indragiri.


Pada pembukaan MTQ ini juga dibacakan lantunan ayat suci Al-Qur'an dari H. Ahmad Azroi Hasibuan S.Pd.I Qori juara Internasional di Thailand tahun 2016, serta pengibaran bendera MTQ dari Paskibraka.


Screenshot-20231112-110323-2


Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para undangan serta seluruh kafilah 12 Kab/kota di Kota bersejarah, Kota Rengat Kab. Inhu. 


Bupati Rezita menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Riau, Kanwil Kemenag Prov. Riau dan LPTQ Prov. Riau yang telah memberi kepercayaan kepada Kab. Inhu sebagai penyelenggara MTQ Tingkat Provinsi Riau ke-41 Tahun 2023.


Rezita menyebutkan, tema MTQ ini adalah "Merajut Generasi Qur'ani, Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah" tema ini dimaksudkan sebagai wujud kepedulian untuk membentengi generasi muda melalui pendekatan agama.


Screenshot-20231112-110318-2


Bupati Rezita juga menjelaskan tentang logo MTQ Ke-41 ini yang menggabungkan beberapa unsur yaitu Mushaf Alqur'an beralas rehal, Lima bintang dan bunga seroja, logo ini menjadi cerminan tentang harapan tentang MTQ yang sarat dengan syi'ar islam ini diharapka dapat mempererat persatuan dan persaudaraan sekaligus mampu menjadi stimulan untuk meningkatkan penghayatan, kecintaan, dan pengamalan tentang ajaran Islam.


Selanjutnya Kakanwil Kemenag Prov. Riau Dr, H. Muliardi, MA dalam sambutannya menyebutkan pelaksanaan MTQ Tahun 2023 dari data di aplikasi e-mtq peserta MTQ yang mendaftar sebanyak 752 orang peserta utama orang dan 6 orang peserta cadangan dan setelah dilakukan verifikasi faktual yang terdata peserta MTQ sebanyak 746 orang peserta yang diikuti 12 Kab/Kota se-Provinsi Riau yang memperlombakan 10 cabang lomba.


Screenshot-20231112-110335-2


Muliardi berharap kepada seluruh majelis hakim memberikan penilaian yang sebaiknya, dimana pada tahun ini merupakan tahun kedua menggunakan penilaian secara terbuka diinformasikan melalui web, harapannya MTQ ini menghasilkan para juara yang benar-benar terbaik yang dapat mengharumkan Provinsi Riau di tingkat yang lebih tinggi.


Disamping itu, MTQ bukan hanya sebuah acara rutin lomba menang kalah, tetapi dapat menjadi suntikan energi umat islam di provinsi Riau untuk membumikan Alqur'an dalam kehidupan sehari-hari, sambung Muliardi.


Plt Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution S.IP dalam sambutannya mengapresiasi Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dalam melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau.


"Alhamdulillah, MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau yang diawali dari berbagai kegiatan  berhasil dilaksanakan dengan baik, semarak dan lancar. Maka itu saya mewakili Pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Kabupaten Inhu," kata Plt Gubri.


Plt Gubri juga mengucapkan rasa bangga kepada seluruh masyarakat Inhu, kafilah, dewan hakim, serta panitia lainya yang telah sungguh-sungguh mempersiapkan kegiatan dengan baik.


"Saya mengharapkan melalui MTQ ini mampu menciptakan generasi Qur'ani memiliki akhlak yang tinggi, sebagai bekal di akhirat kelak. Terutama bagi generasi di Kabupaten Inhu, sesuai tema MTQ Ke-41 "Merajut Generasi Qur'ani Menuju Indragiri Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah," harapnya.


Acara MTQ secara resmi dibuka ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Plt Gubernur Riau didampingi oleh Bupati dan wakil Bupati Inhu, Kakanwil Kemenag Prov. Riau, dan Ketua LPTQ Prov. Riau, sementara Forkopimda Prov. Riau dan Bupati Walikota se-Provinsi riau memukul bedug bersama.


Pada acara pembukaan MTQ ini juga dilaksanakan Penyerahan bonus pemenang Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist nasional ke 17 dari Pemprov Riau, serta penyerahan piala bergilir MTQ Provinsi Riau dari juara umum tahun sebelumnya Bupati Kabupaten Rokan Hilir ke Plt. Gubernur Riau dan dari Plt Gubernur diserahkan ke Bupati Indragiri Hulu untuk diperebutkan pada MTQ tahun 2023.(Adv)




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • 2 Nelayan yang Hilang, 1 Ditemukan di Perairan Meranti Riau
  • Heboh, Mualaf Kirim Babi Buat Kurban Idul Adha, Senyum Ustadz dan Dipuji Netizen
  • PPDB Jenjang SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau Resmi Dibuka
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 2 Nelayan yang Hilang, 1 Ditemukan di Perairan Meranti Riau
    04 Heboh, Mualaf Kirim Babi Buat Kurban Idul Adha, Senyum Ustadz dan Dipuji Netizen
    05 PPDB Jenjang SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau Resmi Dibuka
    06 Kejari Kuansing Periksa Anggota DPRD sebagai Ketua Banggar pada Kasus Dugaan Korupsi Hotel Kuansing
    07 2 Nelayan Hilang di Perairan Tanjung Kedabu Meranti Riau, saat Pergi Melaut
    08 Pj Gubri akan Serahkan SK PPPK Pemprov Riau di Kabupaten dan Kota
    09 Polres Bangka Barat Lakukan Penangkapan 1 unit Truk bermuatan Pasir Timah dan Balok
    10 Kejati Riau Akmal Abbas; Terima Kasih Bupati Siak Atas Sinergitasnya Membangun Negeri
    11 Respons Adul soal Kabar Idap Glaukoma sampai Buta
    12 Melahirkan di Toilet Rumah Sakit Usai Telan Pil Pelancar Haid, Siswa SMA Diamankan Polisi
    13 Pengiriman 9 Kg Sabu dan 9 Ribu Pil Ekstasi ke Pekanbaru Digagalkan Polda Riau
    14 Pj Gubri Hadiri Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Dukungan Pilkada Serentak 2024, Mendagri : Sampaikan 8 Arahan
    15 Silaturahim dengan Pelaku Usaha Bulukumba, Pemda Diminta Adil dalam Memungut Pajak
    16 Bupati Kuansing Hadiri acara Sosialisasi Tindak Lanjut Program BIE-D Provinsi Riau
    17 Jelang Pilkada, PPK Lubuk Dalam Menggelar Bimtek SIDALIH dan Penggunaan Apk E-Coklit
    18 PWMOI Bengkalis Terima Sapi Kurban dari Bupati Kasmarni
    19 Komedian Adul Dikabarkan Alami Kebutaan, Rekan Artis Prihatin
    20 Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi.SE Melantik 1.843 pegawai PPPK
    21 Oknum PNS di Rokan Hilir Ditangkap Polisi
    22 TK Negeri 2 Pangkalan Kerinci Gelar Acara Pelepasan dan Perpisahan di Taman Tok Andal
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya