Dugaan Skandal Gagal Bayar Berdikari Insurance, Pengusaha Kapal Rugi Besar
Selasa, 28-11-2023 - 14:44:21 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Skandal gagal bayar industri asuransi dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengalami dampak negatif, bahkan pelaku usaha sektoral menengah keatas pun diduga menjadi korban atas gonjang-ganjing manajemen pada sistem perusahaan asuransi.


Diskala Nasional, perusahaan asuransi yang masuk dalam daftar hitam yaitu Wanaartha, Bumi Putera, Jiwasraya, atau Kresna Life yang telah dinyatakan pailit Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun efek terhadapnya yaitu kerugian nasabah tidak mendapatkan kepastian pembayaran manfaat atau klaim.


Merujuk dari buruknya industri asuransi itulah, kini kembali terjadi dugaan gagal pembayaran (klaim) untuk nasabah Berdikari Insurance yang masuk dalam jenis Marine Hull dengan tipe General Cargo (Kapal Angkutan).


Hal itu dinyatakan oleh EWE, dia mengungkapkan bahwa 3 polisnya tidak kunjung dibayarkan oleh Berdikari Insurance, yang mana ia telah mempercayai 15 unit Kapal Layar Motor (KLM) jenis Premi Asuransi Marine Hull untuk ditanggungkan.


"15 Unit Kapal Layar Motor telah saya jaminkan kepada Berdikari Insurance, namun musibah tenggelam,bocor, dan kebakaran yang tidak diinginkan terjadi pada 3 Kapal, tentunya sesuai dengan polis yang saya miliki secara aturan telah mengajukan klaim, namun pihak Berdikari Insurance membuat dalih dengan berbagai macam cara sehingga sampai hari ini tak kunjung melakukan pembayaran," jelas EWE dikutip dari persadariau, pada Senin (27/11/2023).


Untuk diketahui, EWE menyampaikan kecelakaan 3 kapal itu mempunyai rentang waktu berbeda, dari Desember 2021 hingga April 2022 tahun lalu.


Sebagai Nasabah EWE telah mmengikuti prosedur untuk melakukan klaim, dalam hal ini pihak Kementrian Perhubungan dibawah Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Laut pun telah melakukan penyelidikkan dan penyidikkan.


"Ketiga kapal saya itu telah mendapatkan Laporan Kecelakaan Kapal (LKK), penyelidikkan yang dilakukan Dirjen Perhubungan Laut sangat detil, jadi tidak ada alasan Berdikari Insurance untuk tidak memenuhi kewajibanya, didalam perjanjian banyak poin-poin saya terima, artinya kapal saya itu masuk dalam Kerugian Total Konstruktif," ujarnya EWE.


Secara administrasi, Polis Berdikari Insurance milik EWE termasuk dalam wilayah kerja Kantor Cabang Kota Pekanbaru Provinsi Riau, dimana dalam persoalan ini juga sudah dilakukan upaya hukum ke Pengadilan Negeri Pekanbaru .


"Pihak Pengadilan Negeri Pekanbaru pun sudah melakukan mediasi (Jalan Tengah), tetapi pihak Berdikari Insurance tidak ada etikad baik untuk menyelesaikan pertanggung jawabannya, Berdikari Insurance telah melakukan Perbuatan Ingkar Janji ( Wanprestasi), dalam melakukan upaya hukum lanjutan saya akan melakukan Gugatan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku," sebutnya.


EWE berharap proses hukum terhadap Berdikari Insurance harus dilakukan dengan transparan, hal ini untuk memudahkan ia mendapatkan hak yang patut dirinya terima.


"Kepada Pengadilan Negeri Pekanbaru, saya berharap persoalan ini harus mempertimbangkan segala bentuk fakta yang ada, didalam LKK Dirjen Perhubungan Laut sudah terang benderang adanya. Sebagai efek minornya kepercayaan Berdikari Insurance akan luntur kepada seluruh nasabah-nasabah yang lain, Sangat disayangkan, yang harusnya fungsi Asuransi menjadi Proteksi malah jadi Malapetaka," pungkasnya.


Kemudian, Kepala Cabang Berdikari Insurance Kota Pekanbaru Dodi Sudrajat tidak bisa menjawab banyak, ia mengatakan untuk informasi persoalan (itu,red) harus mengkonfirmasi dengan Kantor Pusat di Jakarta.


"Untuk wawancara harus konfirmasi ke pusat dulu, bisa ajukan surat untuk mengenai topiknya apa? Suratnya nanti akan saya koordinasikan dengan Kantor Pusat," jelasnya singkat via  aplikasi pesan WhatsApp kepada awak media.(Tim) 




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • Direktur Pidana KLHK Yazid CS Akan Terus Diproses Hukum Pidana Perdata Diduga Lakukan Abuse Of Power Oleh LSM-LIRA
  • Dari 14 Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur, 8 Orang Berhasil Ditangkap Polres Jakarta Pusat
  • Polri Kawal Ketat Pergeseran Kotak Surat Suara Hasil Pleno PPK Kecamatan Bandar Sei Kijang ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 Direktur Pidana KLHK Yazid CS Akan Terus Diproses Hukum Pidana Perdata Diduga Lakukan Abuse Of Power Oleh LSM-LIRA
    04 Dari 14 Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur, 8 Orang Berhasil Ditangkap Polres Jakarta Pusat
    05 Polri Kawal Ketat Pergeseran Kotak Surat Suara Hasil Pleno PPK Kecamatan Bandar Sei Kijang ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Pelalawan
    06 GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
    07 Luar Biasa! Ribuan Massa Hadiri Audensi Bupati Kuantan Singingi Sekaligus Melayur Jalur Desa Sako
    08 Caleg di Pekalongan Tertipu Penggandaan Uang, Bahkan Pelaku Janjikan Bisa Menambah Perolehan Suara
    09 Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One
    10 Dua Orang Pelaku Pencurian di Daerah Pasar Minggu Kandis Diringkus Polisi
    11 Penutupan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Serentak 2024 Tingkat PPK Kecamatan Bandar Sei Kijang
    12 Dirumahkan! Puluhan Karyawan Yayasan Tasik Gemilang Unisi Laporkan Pengurus Yayasan ke Disnakertrans Inhil
    13 Kapolsek Bandar Sei Kijang Pimpin Langsung PAM Sidang Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK
    14 Bupati Siak Alfedri Menjadi Pembina Upacara Pembukaan TMMD ke - 119 Tahun 2024
    15 Meski Kalah Pileg, Syafarudin Poti Tetap Bangun Tribun Mini Lapangan SepakBola Kepenuhan Hulu
    16 Raup 75 Ribu Suara, Golkar Optimis Kirim Dua Kursi Dapil 7 DPRD Inhil Propinsi Riau
    17 Pemkab Inhu Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, di Masjid Nurul Amal Pematang Reba
    18 Organisasi Pers di Pelalawan Silaturahmi ke Bupati Pelalawan
    19 Pastikan Kesiapan Menjalankan Tugas Rapat Pleno dengan Optimal, TNI/POLRI, Petugas PPK dan PPS Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
    20 JMSI Provinsi Riau Sabet Penghargaan Silver Pertama JMSI Award 2024
    21 Kapolda Sumsel dan Bupati Muratara, Seluruh Caleg Sepakat Tidak Menurunkan Massa
    22 Upacara Hari Kesadaran Nasional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya