Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin jadi Tamu Kehormatan pada acara Apresiasi Merdeka Belajar 2023
Minggu, 24-12-2023 - 12:18:55 WIB
Foto : Acara Apresiasi Merdeka Belajar Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023
TERKAIT:
   
 

PALEMBANG - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Apresiasi Merdeka Belajar Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel, Palembang pada Sabtu (23/12/2023).


Acara Apresiasi Merdeka Belajar ini mengusung tema “Dengan Memperkuat Kolaborasi dan Sinergitas Merdeka Belajar kita Wujudkan Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan”.


Pj. Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Drs. H. Sutoko, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPMP Provinsi Sumatera Selatan yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi bagi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah memberikan dukungan pada suksesnya implementasi Merdeka Belajar dan bagi Satuan Pendidikan serta Pelaku Ekosistem Pendidikan yang telah memenuhi kriteria capaian prestasi dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar dan aspek prestasi lainnya.


Acara yang diawali dengan gemilang, pembukaan Merdeka Belajar tersebut dimeriahkan dengan persembahan tarian Gending Sriwijaya yang menggugah semangat, yang dilakukan oleh siswi SMA Negeri Sumatera Selatan yang tergabung dalam sanggar AISENTAS. Tarian tersebut berhasil menciptakan atmosfer yang begitu memukau dan menggugah kebanggaan akan budaya daerah. Disamping hiburan tari-tarian dari anak-anak perwakilan sekolah juga dihadirkan Paduan suara dari SMAN 1 Tanjung Raja berkolaborasi dengan seluruh pengisi acara dari beragam jenjang pendidikan termasuk anak disabilitas, Tari Junjungan dari SMPN 2 Tanjung Raja dan juga galeri foto perjalanan 26 episode Merdeka Belajar di Provinsi Sumatera Selatan serta pameran dari sekolah.


Apresiasi merdeka belajar tahun 2023 tersebut dibuka secara virtual oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek Dr. Praptono, M.Ed, turut hadir pula pada kegiatan tersebut Walikota/Bupati se Provinsi Sumatera Selatan atau yang mewakili dan Sultan Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin disamping itu juga Rektor Universitas Sriwijaya, Kepala Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pendidikan se-Provinsi Sumatera Selatan, Kepala UPT Kemendikbudristek seperti Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik Medan dan Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan wilayah Sumatera, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kepala UPTD Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Sumatera Selatan, Kepala LLDIKTI wilayah II, Organisasi Profesi, Komunitas Belajar, serta penerima apresiasi Merdeka Belajar Provinsi Sumatera Selatan tahun 2023.


Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Drs. H. Sutoko, M.Si menyebut bahwa Indonesia Emas 2045 bukan hanya sekedar wacana baru, tranformasi dan adaptasi di dunia Pendidikan dalam menciptakan generasi emas 2045 yang berkarakter, berdaya saing sudah menjadi cita-cita bersama. Pendidikan sebagai pondasi masyarakat berkarakter merupakan tanggung jawab semua pihak yang berperan aktif dalam menuju Indonesia emas 2045.


Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Balai Penjaminan Mutu Pendididikan (BPMP) Provinsi Sumatera Selatan dan berharap apa yang dilakukan dapat lebih meningkatkan mutu pelajaran di Sumatera Selatan lebih baik dari Provinsi lainnya yang ada di Indonesia serta mendukung penuh Kebijakan merdeka belajar yang telah dicanangkan Kemendikbudristek untuk lebih cepat dan unggul dalam mentransformasi mutu pendidikan Indonesia yang berkarakter dan menjadikan mutu pendidikan di Indonesia tidak kalah dengan negara negara maju lainnya didunia ini.


Dalam sambutannya Kepala BPMP Prov. Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa, S.Psi., M.Si. menyebut bahwa Apresiasi Merdeka Belajar 2023 merupakan wujud terima kasih BPMP Prov. Sumsel kepada Pemerintah Prov. Sumsel, Pemerintah Kab/Kota se-Sumatera Selatan dan ekosistem pendidikan yang telah menjalankan dan melaksanakan merdeka belajar sepanjang tahun 2023, apresiasi ini juga sebagai motivasi untuk meningkatkan program merdeka belajar pada tahun berikutnya. Apresiasi ini juga diberikan kepada satuan pendidikan dan anak-anak yang berprestasi.


Kepala BPMP Sumsel juga menyebut bahwa mereka selama ini murid-murid yang ada di acara tersebut sudah tereksposur dari berbagai event yang padahal memiliki prestasi di jenjang nasional maupun asia, anak-anak tersebut merupakan aset sumber daya manusia yang ada di Sumatera Selatan yang selama ini terkadang tidak diketahui banyak orang baik masyarakat maupun pemerintah daerah.


"Maka dari itu kita akan memunculkan mereka dan selain itu juga kita berharap mereka bisa menjadi bagian dari penggerak yang kita dorong agar bersama-sama terlibat baik sekolah, guru maupun murid kalau mereka bisa menginspirasi dan memotivasi untuk mengimplementasikan kegiatan merdeka belajar," Ujarnya.


Disampaikan juga bahwa apresiasi merdeka belajar bukan hanya mengenai output belajar siswa, justru bagaimana di aktualisasikan dan diakui prestasi dan keberanian yang tentunya kita berharap mereka bisa menginspirasi sehingga banyak murid yang termotivasi agar mencapai prestasi yang baik


Sementara itu, kepala BPMP Provinsi Riau Dr. Nilam Suri yang hadir juga sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diselenggarakan oleh BPMP Prov. Sumsel ini, "Saya sampai terharu karena semua anak-anak sekolah dari berbagai jenjang ikut mendapat bagian sebagai pengisi acara, dari wajahnya terlihat mereka sangat bahagia termasuk anak disabilitas," Ujarnya. (Manda)




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • Kunjungi Pasutri Anak Kembar 4, Bupati Kuansing Siapkan Empat Nama Bayi
  • Majelis Hakim PN Pekanbaru Tolak Gugatan Novrina Pemilik Tour and Travel Umroh dan Haji Silver Silk
  • Polsek Sei Kijang Sampaikan Pesan Kamtibmas kepada Jamaah Dalam Giat Subuh Harmoni
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 Kunjungi Pasutri Anak Kembar 4, Bupati Kuansing Siapkan Empat Nama Bayi
    04 Majelis Hakim PN Pekanbaru Tolak Gugatan Novrina Pemilik Tour and Travel Umroh dan Haji Silver Silk
    05 Polsek Sei Kijang Sampaikan Pesan Kamtibmas kepada Jamaah Dalam Giat Subuh Harmoni
    06 Lepas Jamaah Calon Haji Bulukumba, Bupati Andi Utta: Jaga Kesehatan dan Stamina
    07 Sugianto Menilai Fetdrios Gusni Sebagai Cawabup Potensial dan Sangat Diperhitungkan di Mata Masyarakat
    08 Bupati Andi Utta Pimpin Peringatan Harkitnas
    09 Pemotongan Hewan Kurban di Riau Tahun ini Naik 9,82 Persen
    10 Kepala PPA Lutim Firawati Kunjungi Lokasi Kejadian Bencana Mulai Pagi Hingga Siang
    11 Debit Air PLTA Tinggi, Pj Bupati Kampar Imbau Masyarakat Selalu Waspada
    12 Minggu Kasih, Polsek Bandar Sei Sambangi Gereja HKBP Kelurahan Sei Kijang
    13 Polres Nias Menggelar Apel Siaga Sebagai Bentuk Ketangguhan Menghadapi Tanggap Potensi Bencana 2024
    14 Kejari Siak Tahan Kepala BPBD Kabupaten Siak Terkait Kasus Korupsi
    15 Diskusi Aktifis UNRI dengan Rektor UNRI untuk Mengingatkan Mahasiswa Baru Ajukan Revisi UKT
    16 Teguh Serahkan Dua Buku Peraih Rekor MURI untuk PWI
    17 Antisipasi C3 Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Patroli
    18 Jalan Lintas Desa Makmur Rusak, Ketua PWMOI Minta Pemkab Pelalawan Jangan Abaikan Keluhan Warga
    19 Pelabuhan Penyeberangan Roro di Pulau Burung Segera Dibangun Pemkab Inhil
    20 Jadi Pilot Project ILP, Kemenkes Tinjau Puskesmas Bontobangun
    21 Camat Singingi Hilir Tinjau Parit Gajah, Diduga Perkebunan PT. Air Kampar Grup Tidak Memiliki Izin Prinsip
    22 Peduli Bencana Sumbar, Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Galang Dana
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya