Era Era Bernafas Lega, Meskipun Ada Dugaan Pencemaran Nama Baik, Bupati Tak Melaporkannya
Rabu, 24-01-2024 - 11:29:11 WIB
Foto : Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu
TERKAIT:
   
 

NIAS BARAT - Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menanggapi santai dan hanya tersenyum pada ujaran Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia yang diduga seolah menyerang pribadinya karena dianggap menghancurkan Nias Barat. Hal tersebut disampaikan Era Era pada Live Tiktok Nias 24 Jam saat menjadi Narasumber pada dialog yang disiarkan secara langsung tanggal, (21/01/2024) hingga rekaman layar live tersebut tersebar luas di medsos.


Wakil Bupati Era Era dalam live-nya mengatakan terkait rotasi/penggantian ASN secara terus-menerus dapat merusak pemerintahan.
"Ini merotasi ASN terus- menerus seperti ini merusak birokrasi." Ucap Era Era via live Tik Tok.


Pernyataan tersebut dinilai sejumlah pihak sebagai pencemaran nama baik Khenoki Waruwu sebagai Bupati Nias Barat.


Menanggapi hal itu, Khenoki Waruwu yang dihubungi pada Selasa, (23/01/2024) malam mengaku menerima masukan sejumlah pihak terutama tokoh masyarakat Nias Barat baik yang berada di Nias Barat maupun di luar Nias Barat, supaya melaporkan Era Era Hia kepada Aparat Penegak Hukum (APH) dengan tuduhan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik.


Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan, tidak akan melaporkan Wakilnya tersebut. Ia merasa kasihan, mungkin saja dia tidak sadar apa yang dia ucapkan pada saat itu.


"Saya tidak melaporkannya karena dia adalah Wakil saya. Apa kata masyarakat kalau sampai saya melaporkan dia atas ucapannya tersebut. Biar masyarakat yang menghukumnya atas pernyataannya tersebut. Masyarakat pasti bisa menilai apakah tuduhannya itu benar atau tidak. Karena selama ini, sudah banyak hasil pembangunan dan prestasi yang telah kita capai sejak awal saya memimpin Nias Barat," ujar Bupati Khenoki Waruwu menanggapi desakan dari masyarakat agar melaporkan Era Era Hia.


Walaupun ia menanggapi santai pernyataan Wakilnya tersebut, namun ia tidak bisa menyembunyikan sedikit rasa kecewanya, Wakilnya tersebut tidak mengakui dan seolah tutup mata atas keberhasilan yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat selama kurang lebih 2,8 tahun memimpin daerah Kabupaten Nias Barat. Telah banyak kebijakan dan program pembangunan di berbagai sektor telah terlaksana dengan baik dan hasilnya sudah dinikmati oleh warga masyarakat Nias Barat.


"Sangat disayangkan pernyataannya tersebut…!!! Selama ini pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan kegiatan sosial kemasyarakatan terlaksana dengan baik,” tegas Bupati Khenoki Waruwu.


Lebih lanjut, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, menguraikan sejumlah pembangunan ruas jalan yang dibangun pada tahun 2024 ini yang tersebar di wilayah Kabupaten Nias Barat. Di antaranya adalah pembangunan 12 (dua belas) ruas jalan, sebagai berikut:
1. Peningkatan Jalan Ruas Bawozamaiwo– Sisobaoho dimulai dari Ujung Jalan Bawozamaiwo menuju Nias Selatan) sebesar Rp. 12.082.487.040
2. Peningkatan Jalan Ruas Jl. S.Parman (dimulai dari Simpang Jalan Soekarno Hatta Simaeasi menuju Jalan Provinsi di Lasarabaene) sebesar Rp. 16.747.701.623
3. Peningkatan Jalan Ruas Jl. Sutomo (dimulai dari Simpang Doli-doli menuju Lahagu) sebesar Rp. 8.888.735.526
4. Peningkatan Jalan Ruas Hiliuso - Ononamolo II (Dimulai dari Simpang Hiliuso menuju Idano Doa, Jalan Alternatif) sebesar Rp. 10.138.591.662
5. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Taraha - Kabupaten Nias (dimulai dari Lahagu menuju Jembatan Soguna ba Zato) sebesar Rp. 1.075.719.834
6. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Hilisangawola – Hilibadalu (dimulai dari Simpang) sebesar Rp. 5.699.564.635
7. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Gawuhao - Onolimbu Raya (lanjutan tahun 2023) sebesar Rp. 8.960.886.903
8. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Iraonogaila – Lologundre (dimulai dari Simpang Iraonogaila menuju Kamadu) sebesar Rp. 4.250.138.927
9. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Jl. Budi Utomo (dimulai dari Simpang Jalan Soekarno Hatta menuju Dinas Pendidikan) sebesar Rp. 2.358.667.447
10. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Tiga Serangkai – Onowaembo sebesar Rp. 2.403.814.746
11. Penanganan Long Segment Peningkatan Jalan Ruas Faondrato – Sisobambowo dimulai dari Gunungcahaya menuju Sisobambowo (lanjutan tahun 2023) Rp. 4.173.207.177
12. Peningkatan Jalan Trans Desa Fukahumene Menuju Objek Wisata Pantai Humene Sunset sebesar Rp. 8.450.000.000.


"Itulah sejumlah pembangunan yang dilaksanakan tahun ini, belum lagi pembangunan yang telah dilaksanakan sejak awal kami memimpin Nias Barat ini. Apakah ini yang dikatakannya “merusak” Nias Barat…???,” ungkapnya dengan nada kecewa.


Selain pembangunan tersebut di atas, lanjut Bupati Khenoki Waruwu, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp. 25 miliar untuk pembangunan jalan sebagai aspirasi atau Pokir DPRD yang tersebar di beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Nias Barat dan anggaran yang bersumber dari DAU Ditentukan kurang lebih Rp. 14 miliar.


Pada tahun 2024 ini juga, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp. 18 milliar untuk pembangunan di Bidang Kesehatan dan KB, termasuk di dalamnya Rp. 7,5 miliar untuk peningkatan status Puskesmas Hinako dari Puskesmas Rawat Jalan menjadi Puskesmas Rawat Inap dan Rp. 1 milliar untuk pengadaan ambulans air untuk melayani masyarakat Kepulauan Hinako dan sekitarnya.


Begitu juga di Bidang Pendidikan, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp. 37 miliar yang bersumber dari DAK dan DAU Ditentukan untuk pembangunan sarana prasarana dan fasilitas penunjang di sekolah berupa pembangunan RKB, UKS, Laboratorium, Pembangunan Ruang Tata Usaha, Pengadaan Sarana TIK, Pengadaan Meubiler, Pengadaan Alat Peraga dan Rehabilitasi sarana dan prasarana lainnya.


Selanjutnya, untuk pembangunan sarana air bersih, sanitasi dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni bagi masyarakat, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp. 22 miliar yang bersumber dari DAK dan DAU.


"Selanjutnya, selama lebih satu tahun terakhir ini, saya bersama pimpinan gereja, para pendeta, dan warga jemaat hampir setiap minggu saya menghadiri setiap kegiatan pesta pembangunan di gereja-gereja. Bahkan saya menjadi juru lelang pada pesta pembangunan, walaupun banyak pihak yang membulli bahkan menghina saya, namun hal tidak saya tidak hiraukan, demi peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kualitas iman warga jemaat. Apakah ini yang dia katakan merusak Nias Barat..??,” ujarnya lagi.


Atas kelalaian Wakilnya tersebut karena pernyataannya yang sempat memancing amarah sebagian besar warga Nias Barat yang kecewa atas pernyataan tidak mendasarnya Wakil Bupati Nias Barat, Bupati Nias Barat meminta agar tidak terpancing emosi dan membully yang bersangkutan.


“Saya harapkan kepada masyarakat Nias Barat yang merasa kecewa atas pernyataan tersebut supaya dapat menahan diri, tetap sabar, jangan terpancing emosi dan memaafkan yang bersangkutan serta berdoa kiranya ia sadar atas perkataannya tersebut,” ajak Bupati Nias Barat.


Salah seorang warga Nias Barat yang dimintai tanggapannya terkait pernyataan Wakil Bupati Nias Barat tersebut mengaku cukup kaget dan heran, karena seorang Wakil Bupati sebagai pucuk pimpinan di daerah tidak mengakui keberhasilan pembangunan di Kabupaten Nias Barat.


Ia mengatakan, kebijakan dan program Bupati Nias Barat selama ini cukup dirasakan oleh masyarakat Nias Barat.


“Kebijakan ambulance gratis 24 jam Soguna ba Zato, pemberian santunan kepada keluarga duka dan bantuan pelayanan kepada Hamba Tuhan, yang diinisiasi dan dilaunching oleh Bupati Khenoki Waruwu sejak awal ia menjadi Bupati, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Nias Barat,” ujarnya.


Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari Wakil Bupati Nias Barat, Era Era Hia. (Agus T. Daely).




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • Launching Senam Sehat Haji, Edy Manaf Imbau JCH Bulukumba Jaga Kebugaran
  • Jaga Kondisi Aman dan Kondusif, Personil Polsek Bandar Sei Kijang Melaksanakan Patroli Kesiapsiagaan
  • Wabup Rohul Hadiri Penutupan MTQ Riau XLII Tahun 2024 di Kota Dumai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 Launching Senam Sehat Haji, Edy Manaf Imbau JCH Bulukumba Jaga Kebugaran
    04 Jaga Kondisi Aman dan Kondusif, Personil Polsek Bandar Sei Kijang Melaksanakan Patroli Kesiapsiagaan
    05 Wabup Rohul Hadiri Penutupan MTQ Riau XLII Tahun 2024 di Kota Dumai
    06 APTISI RIAU Bahas Proker 2024 Dalam Upaya Kontribusi Pada Pendidikan Tinggi di Riau
    07 Tercatat Sejarah Emas, Kuansing Raih Posisi 4 MTQ Provinsi Riau di Dumai
    08 Intensitas Hujan Tinggi, Longsor Terjadi di Desa Domiyang Pekalongan
    09 Melukis Beragam Pesan Hari Bumi di Tembok Pemukiman Sekitar WALHI Riau
    10 Perpisahan Siswa Kelas XII SMAN Surulangun Berlangsung Meriah
    11 Bupati Zukri Membuka Secara Resmi Konferensi Cabang IV NU Kabupaten Pelalawan
    12 PPDB SMAN/SMKN dan SLBN di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021
    13 Bupati Kuansing Kembali Gelar Nobar di Taman Jalur Berharap Timnas Indonesia Lolos ke Babak final
    14 Cegah C3 dan Kejahatan Lain, Polsek Bandar Sei Kijang Melaksanakan Patroli KRYD
    15 Ketua DPD Gerindra Sumut, Dukung Penuh Khenoki Waruwu sebagai Cabup Nias Barat Periode 2024-2029
    16 Pemkab Kuansing bersama LAMR Gelar Rapat Kordinasi Infrastruktur Daerah
    17 Tidak Hanya Bibit Unggul, Petani Bulukumba Juga Dibantu Pembersihan Lahan
    18 Kapolsek Bandar Sei Kijang Hadiri Tanya Jawab Survei Re-Akreditasi Puskesmas Bandar Sei Kijang oleh KAKP
    19 Terbaik Kedua dan Ketiga di Sulsel, Agen Bank Sulselbar Bulukumba Terima Hadiah
    20 Nobar AFC ASIA CUP U-23 Qatar, Bupati Kuansing Berikan Kesan Tak Terlupakan
    21 Bupati Nias Barat Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Nias Barat Tahun 2025-2045
    22 Jelang Pilgub 2024, Sekdako Indra Pomi: ASN Tak Boleh Terpengaruh Siapapun PJ Wali Kota Pekanbaru
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya