Dukung Program Kasad, Dandim 0418/Plg Ajak Pramuka Selamatkan Bumi Lewat ,Bersatu Dengan Alam
Sabtu, 03-02-2024 - 18:07:15 WIB
TERKAIT:
   
 

PALEMBANG - Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat,M.Han Hadir Dalam Pembukaan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika terpusat Tingkat Kodam II/Swj Tahun 2024 dengan tema kegiatan yaitu "Bersatu Dengan Alam Rahabilitasi Kawasan Hutan Dan Lahan Basah", Giat yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil selaku Pembina Upacara, di Jalan Talang Kemang, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus Palembang, Sabtu (03/02/2024).


Kegiatan Persami yang dilaksanakan selama dua hari ke depan ini diikuti oleh lebih kurang 500 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika se-Sumatera Selatan Kodim 0418/Palembang Kirim 40 Orang Anggota Pramuka Saka Wira Kartika.


Pada kesempatan tersebut, Pangdam Selaku Pambina Upacara Pramuka Saka Wira Kartika di mengucapkan selamat datang kepada adik-adik pramuka peserta Perkemahan Pramuka Terpusat Tahun 2024 serta seluruh elemen yang hadir.


Ia merasa bangga terhadap peserta Persami dan berharap kepada adik-adik Pramuka untuk dapat menjadi pionir, menularkan kebaikan kepada masyarakat, tunjukan bahwa pramuka bisa dibangggakan dan bisa dicontoh dan paling penting sesuai take line bersatu dengan alam. Jadi pramuka itu menjadi terdepan sebagai contoh dalam memelihara Alam.


Secara simbolis Pangdam II/ Swj pengalungan tanda peserta Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika terpusat Tingkat Kodam II/Swj Tahun 2024 secara resmi di buka. 


Dalam sambutannya Pangdam II/Swj Mayjend TNI Yanuar Adil membacakan Amanat Kasad Selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional, bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan semata tentang kepramukaan, tetapi juga mampu memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan. 


“Kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka, "ujarnya.


Kegiatan Persami ini adalah salah satu bentuk pembinaan TNI Angkatan Darat sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga generasi muda mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.


Dalam kegiatan ini Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga menyampaikan harapan kepada generasi muda agar dapat mengembalikan fungsi hutan kedalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistim serta mencegah pemanasan global. 


“Mari kita Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah, tema ini selaras dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, "ujarnya.


Seusai kegiatan upacara pembukaan persami dilanjutkan dengan dialog bersama Kasad secara virtual, penanaman pohon, pembersihan pantai, pembersihan rumah ibadah dan pengobatan massal. 


Sementara itu Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han menyampaikan bahwa Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika terpusat Tingkat Kodam II/Swj Tahun 2024 ini sebagai bentuk pembinaan generasi muda.


Kodim 0418/ Palembang sendiri untuk Perkemahan ini telah mengirim 40 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika yang selama ini di bina dan dilatih di setiap Koramil-koramil jajaran Kodim 0418/Palembang, "Ucapnya.


"Pembinaan kepramukaan saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa TNI AD untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. "Ujarnya.


Terselenggaranya kegiatan ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab dan disiplin serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar oleh sebab itu melalui kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi hutan kedalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam serta ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. "Tutupnya.


Hadir dalam upacara tersebut , Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil,Kasdam II/Swj Brigjen TNI Ruslan Effendy,Kapoksahli Brigjen TNI Norman Saito,Irdam II/Swj Brigjen TNI Tri Wahyu Mutaqin Akbar, S.Sos,Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Tohir, S.Sos., M.M.,Para Kabalakdam II/Swj,Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Bobbiy Triyantho,Asren Kasdam II/Swj Kolonel Inf I Nyoman Yudhana Dewata Putra, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Kav Zubaedi,Aspers Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rudi Firmansyah, S.E., M.M,Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat,Kapolda Sumsel diwakili Dirbinmas Kombes Pol Sofiyan Hidayat,Wakapolrestabes Palembang, Kajati diwakili Aspidmil Kolonel Chk Askari, S.H, M.H, PJ Gubernur diwakili Ka Kwarda Sumsel Drs. Riza Fahlevi, M.M, Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah, Cabang Ranting BesertaPara Pengurus Gerakan Pramuka.(Manda)




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • Perpisahan Siswa Kelas XII SMAN Surulangun Berlangsung Meriah
  • Bupati Zukri Membuka Secara Resmi Konferensi Cabang IV NU Kabupaten Pelalawan
  • PPDB SMAN/SMKN dan SLBN di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 Perpisahan Siswa Kelas XII SMAN Surulangun Berlangsung Meriah
    04 Bupati Zukri Membuka Secara Resmi Konferensi Cabang IV NU Kabupaten Pelalawan
    05 PPDB SMAN/SMKN dan SLBN di Sumsel Terapkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021
    06 Bupati Kuansing Kembali Gelar Nobar di Taman Jalur Berharap Timnas Indonesia Lolos ke Babak final
    07 Cegah C3 dan Kejahatan Lain, Polsek Bandar Sei Kijang Melaksanakan Patroli KRYD
    08 Ketua DPD Gerindra Sumut, Dukung Penuh Khenoki Waruwu sebagai Cabup Nias Barat Periode 2024-2029
    09 Pemkab Kuansing bersama LAMR Gelar Rapat Kordinasi Infrastruktur Daerah
    10 Tidak Hanya Bibit Unggul, Petani Bulukumba Juga Dibantu Pembersihan Lahan
    11 Kapolsek Bandar Sei Kijang Hadiri Tanya Jawab Survei Re-Akreditasi Puskesmas Bandar Sei Kijang oleh KAKP
    12 Terbaik Kedua dan Ketiga di Sulsel, Agen Bank Sulselbar Bulukumba Terima Hadiah
    13 Nobar AFC ASIA CUP U-23 Qatar, Bupati Kuansing Berikan Kesan Tak Terlupakan
    14 Bupati Nias Barat Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Nias Barat Tahun 2025-2045
    15 Jelang Pilgub 2024, Sekdako Indra Pomi: ASN Tak Boleh Terpengaruh Siapapun PJ Wali Kota Pekanbaru
    16 Pemkab Nias Barat Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah Bersama Umat Muslim di Wilayah Nias Barat
    17 SMKN 2 Palembang Buka 4 Jalur Penerimaan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025
    18 Acara Pamitan Dan Pelepasan Peserta Didik Kelas-XII SMK Negeri 1 Mandrehe Utara T.P. 2023/2024
    19 Upacara Hari Otonomi Daerah, Bupati Kuansing Ingatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kearifan Lokal Harus Mampu Terjaga
    20 Setelah PDIP, H Dani Daftarkan Diri Calon Bupati Inhil ke Partai Demokrat
    21 Bhabinkamtibmas Kelurahan Sei Kijang Ingatkan Warga terhadap Pelaku C3 dan Penipuan
    22 Waduk PLTA Koto Panjang Tutup 2 Pintu
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya