Dari Anies Baswedan sampai Tomy Winata Dapat JMSI Initiative Award
Kamis, 08-02-2024 - 20:35:32 WIB
Foto : Acara Syukuran HUT JMSI ke-4 di Jakpus
TERKAIT:
   
 

JAKARTA — Sebanyak sembilan tokoh nasional mendapatkan penghargaan dari Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) atas kontribusi dan dukungan yang mereka berikan di masa masa pendirian organisasi perusahaan pers itu.


Kesembilan nama penerima JMSI Initiative Award tersebut diumumkan dalam syukuran HUT ke-4 JMSI di Roemah Djan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (08/02/2024).


“Penghargaan ini diberikan kepada tokoh nasional yang mendukung inisiatif kami mendirikan JMSI sebagai upaya untuk ikut membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional,” ujar Sekretaris Jenderal JMSI Eko Pamuji dalam penjelasannya.


Kesembilan penerima JMSI Initiative Award itu adalah Ustad Abdul Somad, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta (2017-2022) Anies Baswedan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua KPK (2019-2023) Firli Bahuri, budayawan Jaya Suprana, Ketua Dewan Pers (2019-2022) Mohamad Nuh, dan pengusaha nasional Tomy Winata.


Kesembilan tokoh ini akan diundang menghadiri resepsi HUT ke-4 JMSI yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 Februari di kawasan Ancol, Jakarta Utara.


Eko menjelaskan, tokoh-tokoh ini memberikan dukungan dan kontribusi dengan cara mereka masing-masing. Intinya, mereka percaya bahwa kehadiran organisasi seperti JMSI dibutuhkan tidak hanya dalam rangka mengembangkan kehidupan pers nasional, namun juga untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara secara umum termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi.


“Bagaimana pun juga, pers yang profesional di era digital dan post truth ini adalah harapan dan pelita kita bersama. Suluh menuju cita-cita Indonesia Emas,” ujar Eko lagi.


Selain kesembilan tokoh nasional ini, JMSI juga akan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh daerah yang memberikan kontribusi berfarti bagi pengembangan kehidupan pers di daerah. Penghargaan kategori itu juga akan diserahkan pada tanggal 19 Februari.


Sebelumnya, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa mengatakan, usia JMSI yang baru empat tahun terbilang muda. Di sisi lain, ini mengingatkan bahwa ruang bagi JMSI untuk tumbuh dan berkembang masih sangat luas. Dia mengingatkan agar anggota JMSI tidak berhenti untuk terus berinovasi dan berkolaborasi.


Teguh misalnya mencatat aplikasi SemuaNews yang diluncurkan bulan Juli 2023 lalu dapat digunakan sebagai instrumen pendorong peningkatan kualitas anggota. Karena hanya anggota-anggota yang telah memenuhi sejumlah syarat yang dapat bergabung di aplikasi itu.


Pada bagian lain Teguh menggarisbawahi peranan media menjelang Pemilu 2024 yang sudah di depan mata. Teguh mengutip laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyebutkan bahwa sejak tahun lalu hingga kini informasi berbuansa hoax dan ujaran kebencian juga politik identitas mengalami penurunan.


Menurut Teguh, hal ini dimungkinkan karena masyarakat pers nasional semakin memiliki kesadaran untuk mendistribusikan berita-berita yang konstruktif dan produktif bagi kehidupan demokrasi di tanah air. Ini juga mencerminkan penghormatan terhadap etika jurnalistik yang semakin baik.


Namun, dia mengingatkan, pengelola media dan wartawan di garis terdepan harus tetap berhati-hati agar tidak terjebak pada diseminasi informasi yang mengandalkan kebencian semata.


Teguh percaya bahwa semakin dewasa kehidupan pers nasional, maka akan semakin berkualitas demokrasi yang dipraktikkan di Indonesia.


Pada bagian akhir Teguh mengucapkan selamat berjuang pada pengurus JMSI yang ikut dalam kontestasi Pemilu 2024.


Tidak ada larangan bagi pengurus JMSI yang bukan wartawan untuk ikut dalam kontestasi politik, ujar Teguh.


Teguh mengatakan, dirinya menilai pemilu sebagai instrumen untuk mendukung konsolidasi politik suatu bangsa.


Syukuran HUT ke-4 JMSI juga dihadiri sejumlah pengurus teras JMSI seperti anggota Dewan Pakar Arief Gunawan, Bendahara Umum Rianto Anto Geng, Ketua Bidang Kesekretariatan dan Pendataan Anggota Ari Rahman, Wakil Ketua Bidang Luar Negeri Yophiandi, Sekretaris Bidang Luar Negeri Sarah Gunawan, Sekretaris Bidang Hukum Hardi Firman, Anggota Bidang Hukum Eko Sembiring, dan Sekretaris Bidang Litbang yang juga Ketua Panitia HUT JMSI Wayan Sudane. Ketua JMSI Jawa Barat Sony Fitrah dan Ketua JMSI Banten Wahyu Hariyadi juga hadir dalam kegiatan ini.


Selain di Jakarta, syukuran HUT ke-4 JMSI juga digelar sejumlah Pengurus Daerah JMSI seperti di Aceh, Riau, dan Kalimantan Timur. (JMSI)




 
Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
  • 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
  • Direktur Pidana KLHK Yazid CS Akan Terus Diproses Hukum Pidana Perdata Diduga Lakukan Abuse Of Power Oleh LSM-LIRA
  • Dari 14 Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur, 8 Orang Berhasil Ditangkap Polres Jakarta Pusat
  • Polri Kawal Ketat Pergeseran Kotak Surat Suara Hasil Pleno PPK Kecamatan Bandar Sei Kijang ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati, Hambali Siap Membangun Kabupaten Kampar Lebih Baik
    02 22 dari 25 Propemperda Direncanakan Akan Diproses pada 20 November 2023
    03 Direktur Pidana KLHK Yazid CS Akan Terus Diproses Hukum Pidana Perdata Diduga Lakukan Abuse Of Power Oleh LSM-LIRA
    04 Dari 14 Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur, 8 Orang Berhasil Ditangkap Polres Jakarta Pusat
    05 Polri Kawal Ketat Pergeseran Kotak Surat Suara Hasil Pleno PPK Kecamatan Bandar Sei Kijang ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Pelalawan
    06 GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
    07 Luar Biasa! Ribuan Massa Hadiri Audensi Bupati Kuantan Singingi Sekaligus Melayur Jalur Desa Sako
    08 Caleg di Pekalongan Tertipu Penggandaan Uang, Bahkan Pelaku Janjikan Bisa Menambah Perolehan Suara
    09 Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One
    10 Dua Orang Pelaku Pencurian di Daerah Pasar Minggu Kandis Diringkus Polisi
    11 Penutupan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Serentak 2024 Tingkat PPK Kecamatan Bandar Sei Kijang
    12 Dirumahkan! Puluhan Karyawan Yayasan Tasik Gemilang Unisi Laporkan Pengurus Yayasan ke Disnakertrans Inhil
    13 Kapolsek Bandar Sei Kijang Pimpin Langsung PAM Sidang Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK
    14 Bupati Siak Alfedri Menjadi Pembina Upacara Pembukaan TMMD ke - 119 Tahun 2024
    15 Meski Kalah Pileg, Syafarudin Poti Tetap Bangun Tribun Mini Lapangan SepakBola Kepenuhan Hulu
    16 Raup 75 Ribu Suara, Golkar Optimis Kirim Dua Kursi Dapil 7 DPRD Inhil Propinsi Riau
    17 Pemkab Inhu Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, di Masjid Nurul Amal Pematang Reba
    18 Organisasi Pers di Pelalawan Silaturahmi ke Bupati Pelalawan
    19 Pastikan Kesiapan Menjalankan Tugas Rapat Pleno dengan Optimal, TNI/POLRI, Petugas PPK dan PPS Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
    20 JMSI Provinsi Riau Sabet Penghargaan Silver Pertama JMSI Award 2024
    21 Kapolda Sumsel dan Bupati Muratara, Seluruh Caleg Sepakat Tidak Menurunkan Massa
    22 Upacara Hari Kesadaran Nasional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Busernews24.com | Situs Berita Aktual Terpercaya